Sabtu, 27 Februari 2016

Interface : Mengenal Bagian - Bagian Ms. Excel 2016 dan Fungsinya

Bagian-bagian Ms. Excel

Mengenal bagian-bagian Ms. Excel 2016 dan Fungsinya adalah cara tepat yang dipilih sebelum mengoperasikan program ini, supaya kita mudah dalam menggunakannya. Untuk Excel 2016 ini tidak jauh berbeda dengan yang versi 2007 dan 2010, dengan menggunakan ribbon menu yang sama.

Nah sekarang kita bahas bagian-bagian dari Microsoft Excel 2016 beserta fungsinya
1. Title Bar
    Bagian dari Ms. Excel ini terletak paling atas, dan berisikan  nama file yang sedang aktif. Semua software komputer mempunyai bagian ini. Secara umum title bar berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang di buka pada program tersebut.


2. Quick Acces Bar
    Quick Acces Bar terletak di sebelah kiri atas jendela microsoft excel. Sesuai namanya Quick Acces, bar ini berguna untuk mempercepat acces eksekusi perintah yang di inginkan user. Secara default Quick Acces Bar berisi tombol save, undo dan redo, tetapi ini bisa di modifikasi sesuai keinginan user masing-masing.


3. Size Button
    Kalau Quick Acces terletak di sebelah kiri, untuk Size Button ini kebalikannya. Dia terletak di pojok kanan atas dengan memiliki tiga tombol yang nampak.Meskipun sebenarnya ada empat tombol di dalamnya. Size Button berfungsi untuk mengatur ukuran jendela Ms. Excel ; Maximazed untuk membesarkan atau memaksimalkan ukuran Jendela, Minimazed untuk menyembunyikan atau menutup sementara windows, Restore untuk mengembalikan ukuran windows ke ukuran semula dan Close untuk menutup windows.


4. Menu Bar
   Menu bar berisi perintah-perintah menu yang di dalamnya terdiri dari submenu ataupun toolbar. Untuk Ms Excel 2016 Sub Menu langsung mengarah pada ribbon yang berisi icon-icon excel.


5. Tool Bar
    Toolbar merupakan deretan tombol-tombol bergambar atau yang biasa dikenal dengan icon yang berguna untuk memudahkan kita memilih suatu perintah dengan cepat, terutama untuk perintah yang sering di gunakan. Untuk microsoft Excel 2016, toolbar dirangkum dalam bagian baru dengan tampilan yang lebih menarik dan disebut dengan ribbon menu. Pada ribbon menu, pengelompokkan icon-icon lebih jelas dan spesifik, sehingga lebih mudah dalam pencarian.


6. Name Bar
    Secara default, Name Bar terletak di bawah ribon menu dan di samping formula bar. Bagian Ms Excel ini berfungsi menunjukkan nama atau alamat cell aktif. Maka dari itu, kita bisa melihat nama atau alamat cell di bagian name bar ini.

7. Formula Bar
    Sejajar dengan Name bar, formula bar terletak di sebelah kanan dari name bar.Formula bar berfungsi untuk menampilkan isi dari cell. Ada juga yang menyebutkan bagian ini digunakan untuk menulis formula-formula atau rumus-rumus excel.

8. Rows
    Rows atau yang kita sebut dengan baris, adalah deretan angka yang tersusun secara vertikal dan dimulai dari angka 1 sampai 1048576. Ini berfungsi untuk mengidentifikasi alamat dari cell pada bagian baris ke berapa.


9. Column
    Atau yang di sebut dengan kolom dalam bahasa Indonesia, adalah bagian dari Ms. Excel yang berguna untuk mengidentifikasi alamat kolom dari cell. Column berupa deretan huruf pada excel yang berjajar secara horizontal yang di mulai dari huruf "A" dan di akhiri pada huruf "XFD".


10. Cell
    merupakan pertemuan antara kolom dan baris. Ketika kita memilih salah satu cell maka nanti pada namebar muncul alamat dari cell yang kita pilih. Penulisan alamat cell dimulai dari alamat column kemudian diikuti barisnya, seperti  contohnya A1; disini berarti cell yang kita pilih berada pada kolom "A" dan baris ke "1".


11. WorkSheet
    Worksheet atau lembar kerja, adalah tempat dimana kita mengerjakan file yang sedang kita buat. Di dalam bagian ini terdapat kumpulan cell-cell yang digunakan sebagai tempat kita mengisi data.


12. Scroll Bar
     Sesuai namanya scroll bar berfungsi untuk menggulung lembar kerja excel. Pada umumnya yang menggunakan alat ini adalah user dengan data yang banyak dan tidak cukup dilihat dalam satu tampilan, maka dari itu digunakan scroll bar. Scroll bar terdiri dari dua bagian yaitu scroll bar vertical  (untuk menggulung secara vertikal arah atas bawah, dan scroll bar horizontal (untuk menggulung secara horizontal arah kiri dan kanan).


13. Tab Sheet
    Tab sheet berfungsi untuk mengaktifkan sheet. Terkadang user memiliki data yang komplek dan di bagi ke dalam sheet-sheet tertentu, oleh karena itu tab sheet bisa digunakan untuk memilih sheet yang ada. Pemilihan sheet bisa juga di lakukan dengan menekan tombol "Ctrl" + "Page Up" atau "Page Down".


14. Status Bar
     Status bar terletak paling bawah dari microsoft excel. Bagian ini berfungsi memberikan informasi tentang status workbook yang sedang aktif. Pada saat pertama kali dibuka, status bar ini bertuliskan ready.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagian-bagian Ms. Excel 2016. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di video di bawah ini . 

0 comments:

Posting Komentar